Resep Kecap Kedelai

Mendengar resep kecap kedelai buatan sendiri sepertinya tidak banyak orang yang memikirkannya. Karena kebanyakan dari kita sudah sering menggunakan kecap kemasan yang banyak sekali dijual di pasaran. Selain itu kecap kemasan dirasa lebih simpel sehingga sekarang sudah menjadi bahan utama dalam bumbu dapur. Jauh sebelum kecap kemasan beredar, nenek moyang kita menggunakan kecap dari olahan mereka sendiri. Olahan kecap peninggalan leluhur itu meskipun sudah lama namun memiliki cita rasa yang berbeda dengan kecap kemasan sekarang. Jadi tak ada salahnya kita mengetahui resep kecap kedelai yang menjadi peninggalan besar nenek moyang kita.

resep kecap
diambil dari: kapanlagi.com

Resep Kecap Kedelai Sebagai Bahan Membuat Kecap Sendiri

Meskipun sedikit memerlukan tambahan dalam mengolahnya, resep kecap kedelai tersebut sangat aman bagi kesehatan tubuh kita. Tidak adanya campuran bahan kimia serta tidak menggunakan bahan pengawet menjadikan kecap yang terbuat dari resep kecap jaman dahulu itu sangat baik bagi kesehatan. Untuk membuat kecap kedelai tidak sesulit yang dibayangkan. Mindset sulit sudah kadung tertanam di otak kita sehingga kita selalu menganggap menerapkan resep kecap kedelai sendiri sangatlah sulit. Sebagai bahan bacaan yang akan membuka mata kita semua tentang resep kecap kedelai, di bawah ini akan dibahas berbagai proses membuat kecap kedelai sendiri.

Langkah awal tentunya kita harus menyiapkan beberapa bahan dasar resep kecap kedelai. Bahan-bahan dasarnya adalah: 1 kilogram kedelai dengan kualitas bagus, 3 gram jamur tempe, 800 gram garam, 2 lemar daun salam, 1 batang serai, 1 lembar daun jeruk, seperempat laos, 1 sendok teh pokak, 6 kilogram gula merah serta 1 setengah liter air bersih. Larutkan garam ke dalam 4 liter air, haluskan laos dan pokak secara terpisah.

Cara Membuat Kecap Kedelai Sendiri

Cuci terlebih dahulu kedelai sebanyak 1 kilogram sampai bersih. Rendam selama 48 jam atau selama dua hari. Proses perendaman ini memang sedikit lama agar kedelai menjadi lunak dan kulitnya mudah terkelupas. Setelah proses perendaman selesai, rebuslah kedelai sampai mendidih. Pastikan kulit luarnya terkepulas pada saat direbus. Selesai direbus, angkatlah kedelai lalu cuci dengan air mengalir agar kulit luarnya menghilang. Pastikan kedelai bersih dari kotoran dan kulit luarnya. Tiriskan kedelai sampai kering. Bubuhkan jamur kedelai ke atas kedelai dan letakkan kedelai di ruangan lembab selama 5 hari. Setelah itu siramkan air garam dan 4 liter air bersih untuk merendam kedelai. Diamkan rendaman selama 4 minggu dan kemudian rebuslah kedelai dengan mencampurkan semua bahan yang tersisa. Diamkan sampai adonan kecap mendidih dan tidak berbusa lagi. Resep kecap kedelai sudah selesai dan siap disajikan.

This post has already been read 823 times!

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>