Resep Masakan Tradisional asal Sumatera

resep masakan tradisional, resep masakan khas sumatera, resep putri selat

Sumatra dikenal dengan berbagai makanan khasnya yang memiliki cita rasa pedas yang sangat kental. Di sisi lain ternyata pulau yang berdekatan dengan Singapura tersebut juga menghasilkan makanan berupa kue-kue yang sangat nikmat. Resep masakan tradisional berupa kue-kue khas di Sumatra dapat membantu Anda menambah jajaran kue nikmat yang dapat dibuat menggunakan resep masakan khas daerah.

Salah satu kue resep masakan tradisional dari Sumatra Utara adalah kue putri selat. Kue ini terdiri dari tiga lapis warna yang berbeda-beda.

Resep Putri Selat

Lapis pertama

Bahan lapis pertama warna hijau terbuat dari 150 gram tepung beras, 50 gram tepung kanji, 175 gram gula pasir, 57 ml air dan suji, 300 ml santan hangat ½ butir kelapa, dan 450 ml santan panas dari ½ butir kelapa.

Lapis kedua

Bahan yang digunakan untuk lapisan ke dua adalah 75 gram tepung beras, 25 gram tepung kanji, 600 ml santan dari 1 butir kelapa, ¼ sendok teh garam, dan 2 lembar daun pandan.

Lapis ketiga

Lapisan ketiga terbuat dari 75 gram tepung beras, 25 gram tepung kanji, 600 ml santan dari sebuah kelapa, ¼ sendok teh garam, dan 2 lembar daun pandan.

resep masakan tradisional, resep masakan khas sumatera, resep putri selat

Cara membuat resep masakan tradisional kue putri selat adalah aduk tepung beras, tepung kanji, gula, air dan daun suji untuk membuat lapisan pertama. Masukkan santan hangat dan aduk hingga rata. Kemudian tuangkan santan panas dan aduk rata kembali. Lapisan kedua, santan panas dan gula merah dicampur sampai larut. Aduk tepung beras, tepung kanji, dan santan hangat sampai rata lalu masukkan campuran santan dan gula merah. Pembuatan lapisan terakhir dengan merebus semua bahan diatas api kecil hingga mengental.

Setelah membuat adonan resep makanan khas Sumatera ini selesai, tuangkan lapis pertama pada loyang yang sudah diolesi minyak dan beralas plastik. Kukus sekitar 10 menit.  Dilanjutkan dengan menuangkan lapisan kedua dan ketiga kemudian di kukus 10 menit dan 25 menit. Resep masakan tradisional ini siap dinikmati.

This post has already been read 1249 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>